Google Resmi Konsolidasi Teknologi AI Menjadi Gemini
Teknologi

Google Resmi Konsolidasi Teknologi AI Menjadi Gemini

Google Resmi Konsolidasi Teknologi AI Menjadi Gemini – Google dikenal memiliki sejumlah produk serupa dengan nama yang membingungkan dan aplikasi yang tidak jelas. Namun, dalam hal kecerdasan buatan, kini hanya ada satu nama yang penting: ‘Gemini’.

Pada hari Kamis, perusahaan ini mengganti nama chatbot Bard menjadi Gemini, mengumumkan aplikasi Gemini khusus untuk Android, dan mengumumkan bahwa Google Workspace akan menggabungkan semua fitur Duet AI ke dalam merek Gemini.

Google Resmi Konsolidasi Teknologi AI Menjadi GeminiGoogle Resmi Konsolidasi Teknologi AI Menjadi Gemini

Dresslucy.com, Mereka juga mengumumkan ketersediaan Gemini Ultra 1.0, versi terbesar dan tercanggih dari model Big Language Google.

Aplikasi seluler Gemini akan menjadi titik kontak pertama bagi banyak pengguna dengan alat baru ini.

Jika Anda mengunduh aplikasi baru ini di Android, Anda dapat mengatur Gemini sebagai asisten default Anda. Ini berarti Gemini akan menggantikan Google Assistant, yang merespons ketika Anda mengatakan ‘Hey Google’ atau menahan tombol home.

Google tidak ingin menghilangkan Asisten sepenuhnya untuk saat ini, tetapi perusahaan tidak memprioritaskan Asisten untuk beberapa waktu dan percaya bahwa Gemini adalah asisten masa depan.

Baca juga : Cara Mudah Chat GPT Terintegrasi WhatsApp 2024

Sissy Hsiao, kepala Bard (sekarang Gemini) di Google, mengatakan: “Saya rasa ini adalah langkah pertama yang sangat penting untuk membangun asisten AI yang sesungguhnya.” “Ini bersifat percakapan, multimodal, dan lebih berguna dari sebelumnya.”

Gemini adalah perpaduan antara asisten, chatbot, dan mesin pencari.

Tidak ada aplikasi Gemini khusus untuk iOS, dan Anda tidak bisa menetapkannya sebagai asisten selain Siri, tapi Anda bisa mengakses semua fitur AI melalui aplikasi Google.

Untuk menunjukkan betapa pentingnya Gemini bagi Google, akan ada tombol di bagian atas aplikasi untuk beralih dari Penelusuran ke Gemini.

Sepanjang keberadaan Google, penelusuran sejauh ini merupakan produk yang paling penting. Hal ini mulai menandakan bahwa Gemini juga sama pentingnya. (Kebetulan, untuk saat ini AI untuk pencarian Google masih bernama Search Generative Experience, namun tidak diragukan lagi pada akhirnya akan menjadi Gemini).

Perubahan Gemini yang lain sebagian besar adalah mengenai branding – Google telah menghilangkan nama Bard, namun fungsinya sebagai chatbot masih akan terasa seperti sebelumnya, begitu juga dengan semua fitur AI di aplikasi Google Workspace seperti Gmail dan Docs. Demikian pula, fitur yang sebelumnya dikenal sebagai Duet AI sekarang dikenal sebagai Gemini. Fitur-fitur ini membantu pengguna menulis email, mengatur spreadsheet, dan menyelesaikan tugas-tugas lain yang berhubungan dengan pekerjaan.

Sebagian besar pengguna terus menggunakan versi standar dari model Gemini, yang dikenal sebagai Gemini Pro.

Untuk menggunakan Gemini Ultra, versi paling canggih dari model ini, pengguna harus berlangganan Gemini Advanced, yang merupakan bagian dari paket Google One AI Premium yang baru. (Paket ini dilengkapi dengan penyimpanan Google Drive sebesar 2 TB dan semua fitur lain dari langganan Google One, sehingga Google hanya memberikan peningkatan sebesar $10 per bulan untuk para pengguna ini. Untuk pengguna lain, harganya sama dengan ChatGPT Plus dan produk lainnya, dengan $ 20 per bulan tampaknya menjadi harga standar untuk bot AI premium.

Baca juga : ChatGPT Google Rombak Besar-Besaran Di Tahun 2024

Cara menggunakan Gemini: Unduh aplikasinya untuk Android, akses fitur-fitur AI di aplikasi Workspace Google seperti Gmail dan Docs, atau gunakan alat ini melalui tombol aplikasi Google.

Untuk versi yang lebih canggih, berlanggananlah Google One AI Premium. Apa pun cara yang Anda gunakan, ingatlah: Gemini adalah masa depan Google AI, dan Google ingin Anda mengetahuinya.